Dua hal wajib kamu lakukan untuk menjadi penulis novel handal!

Dua hal wajib kamu lakukan untuk menjadi penulis novel handal!


"Aku ingin menjadi seperti Asma Nadia!" 

"Aku ingin menjadi seperti Andrea Hirata!"


Boleh-boleh saja, mengimpikan menjadi penulis handal seperti mereka. Namun, menjadi seorang penulis tidaklah mudah. Sungguh! Sebab, hal-hal yang kita bayangkan tidak mudah untuk dituang menjadi suatu bentuk cerita.


"Iqro!"= Bacalah!

Kata dalam ayat pertama surah Al-alaq, adalah perintah untuk membaca. Dengan membaca kita akan mendapatkan ilmu. Wawasan kita akan bertambah luas, kosa kata akan bertambah. Apalagi pada zaman sekarang, bacaan tidak hanya berupa lembaran-lembaran buku, tetapi buku-buku digital juga telah tersedia. Membaca pun, tidak melulu tentang buku seperti novel. Bisa dari bacaan apa saja, seperti koran, majalah atau artikel online, dan lain sebagainya.


Menulis.

Menulis merupakan suatu kegiatan yang harus kita lakukan setiap harinya. Baik itu menulis sebuah cerita, puisi, atau menuliskan tentang apa saja. Dengan begitu, kemampuan menulis kita akan terlatih dengan sendirinya. 


Membaca dan menulis, adalah dua hal yang tidak mungkin dapat dipisahkan. Seiring proses, kemauan dan tekad yang tinggi, diiringi dengan membaca dan terus berlatih menulis, kita pun bisa menjadi seperti penulis yang kita kagumi.


Jika ingin menjadi seorang penulis handal, teruslah menulis dan membaca!


Cerita ini bisa dibaca di : Dua hal wajib kamu lakukan untuk menjadi penulis novel handal!