APA HANYA TULISAN BERBOBOT YANG JADI FAVORIT?

Berbobot dalam kamus berarti memiliki bobot atau berisi atau bermutu.

Banyak sekali tanya di benak pribadi, atau mungkin juga ada yang merasa terwakili.

Tulisan macam apa yang pantas menyandang label favorit di plukme?

Apa hanya tulisan-tulisan berbobot dengan bahasan yang berat yang bisa bertengger di deretan teratas?

Mungkin jika berbobot dilihat dari segi kualitas memang benar. Bahkan mungkin harus.

Tapi, sepengalamanku selama membaca artikel-artikel yang yang berlabel favorit. Tidak selalu yang dimuat di sana adalah bahasan-bahasan dengan topik yang berat. Ada juga di antaranya yang membahas hal-hal ringan dan santai. Tapi tetap dengan cara dan bahasa penulisan yang asik, menarik dan sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku.

Sampai sejauh ini, belum ada satu pun tulisanku yang berhasil menyabet label favorit. Tapi itu tak lantas menjadi alasanku untuk berhenti menulis. Semakin sering membaca tulisan-tulisan orang lain, akan semakin juga diri memahami, tulisan seperti apa yang baik dan benar. Apa-apa saja yang sudah dan belum ada dalam tulisanku dibandingkan dengan tulisan orang lain, terus melakukan perbaikan-perbaikan juga akan semakin membuka kesempatan. Jika tidak untuk saat ini, mungkin kelak pada akhirnya tulisan kita diapresiasi label favorit oleh plukme.

Namun, jikapun masih belum mendapatkan gelar favorit. Bukan berarti tulisan kita tidak bagus, seperti yang pernah dikatakan oleh Ayah DBaniK bahwa semua tulisan itu bagus. Tapi tidak ada salahnya jika terus belajar memperbaiki tulisan dan memberi bobot pada tulisan kita. Terlepas dari dapat atau tidaknya label favorit.

Semangat plukz!!!

Cirebon, 16 Mei 2018.


Sumber gambar : koleksi pribadi.

Cerita ini bisa dibaca di : APA HANYA TULISAN BERBOBOT YANG JADI FAVORIT?