Inilah Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan Ibu Mertua pada Menantu Perempuannya

Sudah menjadi hal yang lumrah terjadi jika ibu mertua dan menantu perempuan tidak bisa rukun. Cara dibesarkan, dan zaman yang berbeda membuat mertua dan menantu sering berselisih.

Ada beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan oleh ibu mertua pada Anda, menantu perempuannya, antara lain sebagai berikut ini:

1. Memaksa menggunakan caranya

Ibu mertua seharusnya tidak boleh mendikte Anda dalam hal apapun, entah itu cara mengurus rumah, maupun mengurus keluarga. Semua orang akan membuat kesalahan, dari kesalahan itulah kita belajar.

2. Ingin diutamakan oleh anak dibanding istrinya

Ibu mertua juga tidak boleh menyuruh anak memilih antara dia dan menantu. Dia bukan lagi satu-satunya orang penting dalam kehidupan anaknya, suka atau tidak, itulah kenyataannya.

3. Membuat Anda dan suami merasa bersalah karena tak berkunjung

Kadang karena kesibukan atau hal lain, Anda dan suami tak mampu menghadiri undangan makan malam di rumah mertua, atau berkunjung sesuai jadwal. Meski demikian, ibu mertua tidak berhak membuat Anda dan suami merasa bersalah karena hal itu.

4. Mengoreksi cara Anda mengasuh anak

Cara Anda mengasuh anak tentunya berbeda dengan apa yang ibu mertua lakukan saat dia membesarkan suami Anda. Tapi ibu mertua harus menyadari bahwa yang memiliki tanggung jawab penuh pada anak adalah orangtuanya, yaitu Anda. Memberi saran boleh, tapi tidak boleh memaksa untuk dituruti.

5. Membenci waktu yang dihabiskan anggota keluarganya bersama Anda

Semua orang pasti ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, apalagi jika sudah berumur. Tetapi tidak seharusnya ibu mertua membenci Anda karena putranya lebih sering menghabiskan waktu bersama Anda tanpa ibunya.

6. Menuntut agar Anda dan suami tinggal berdekatan dengannya

Ingin selalu dekat dengan anak dan menantu tentu menjadi hal yang bisa dipahami. Tapi jika kemudian ibu mertua menuntut Anda dan suami harus menurutinya, itu salah.

7. Datang mendadak tanpa pemberitahuan

Bila ingin berkunjung, sudah seharusnya ibu mertua memberitahu Anda lebih dulu. Agar Anda bisa melakukan persiapan untuk menjamunya dengan baik. Bila dia datang mendadak tanpa pemberitahuan, tentu hal itu akan menyulitkan Anda. Terutama jika kondisi rumah sedang berantakan, yang justru kerap memicu kritik terhadap Anda.

Cerita ini bisa dibaca di : Inilah Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan Ibu Mertua pada Menantu Perempuannya

YOUR REACTION?