Sindang Kemadu ( SIKADU ) - Tegal

Sindang Kemadu terletak di daerah atas di kabupaten Tegal yang merupakan lereng gunung slamet, ternyata menyimpan pontesi wisata yang luar biasa. Warga sekitar  mengandalkan dan keelekon alam sekitar, pontesi - potensi wisata alam itu menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya.  Tidak hanya air terjun atau curug, daerah - daerah disektitar lereng gunung tertinggi di jawa tegah itu juga menyuguhkan  danau alam, atau warga sekitar  menyebutnya sindang. Seperti sindang kemadu di desa  muncanglarang kecamatan bumijawa.

Sindang kemadu awalnya sumber mata air warga dukuh pereng  desa muncanglarang kecamatan bumijawa kabupaten tegal untuk kebutuhan sehri - hari. Lambat tahun sindang ini dikelolah olih warga sekitar untuk dijadikan tempat wisata alam yang  menarik dan asri. Suasana disindang kemadu ini sangat asri karena banyak pohon yang menjulang tinggi dan rimbun menambah sejuknya udara di sindang kemadu.

Pariwisata sikadu juga dilengkapi olih wahana permainan perahu bebek yang di sewakan oleh warga setempat untuk menarik minat  pengunjung sindang kemadu,  dan untuk menikmati indahnya telaga (sindang). Pengelolah juga menyediakan gasebo untuk menikmati indahnya pemandangan yang indah  sidang dan kesejukan udara di sindang kemadu.

Sindang kemadu sudah beralih fungsi sebagai tempat wisata tetapi  warga sekitar masih kerap menggunakan sumber mata air sindang untuk kebutuhan sehari - hari seperti menyuci dan mandi. Luas sindang  ini hampir seluas lapangan sepak bola dengan kedalaman air sekitar kurang lebih 2 - 3 meter. Air yang jernih dan pemandangan yang asri membuat para pengunjung berfoto - foto sambil menikmat indahnya telaga( sindang Kemadu).

Lokasi sindang kemadu ini cukup mudah, dari pertigan tuwel yang arah kekiri guci ambil arah ke kanana untuk menuju  ke sindang kemadu, kita mencari Jl.jejeg bumijawa sampai di duku pereng desa muncanglarang belok kiri dengan mengikuti petunjuk menuju telaga atau sidang kemadu (sikadu).  Selamat menikamti indahnya sindang kemadu.

Cerita ini bisa dibaca di : Sindang Kemadu ( SIKADU ) - Tegal

YOUR REACTION?