Tips Mudah Anti Malas Shalat 5 Waktu, Shalat Itu Bukan Kewajiban Tetapi Kebutuhan

Shalat merupakan tiang agama, kalau tidak shalat berarti tiangnya kemana? Rasa malas sering datang ketika waktunya shalat. Bagaimana cara mengatasinya ?

1. Niat

Segala perbuatan tergantung pada niatnya. Niatkan pada diri kita untuk selalu shalat tepat di awal waktu. Bersungguh-sungguhlah melawan rasa malas itu. Jangan sampai rasa malas menguasai diri kita.

2. The power of habit

Biasakanlah untuk shalat lima waktu berjama'ah dimasjid (bagi pria), walau pada awalnya terasa berat tapi jika sudah dibiasakan akan terasa ringan bahkan kita akan merasa rugi bila meninggalkannya.

3. Kontrol diri

Jika rasa malas itu kembali menggerogoti kita, lawan saja. Ingat kewajiban kita sebagai orang muslim, ingatlah balasan/adzab Allah terhadap orang-orang yang meninggalkan shalat.

4. Jangan pernah di tunda

Jika adzan telah dikumandangkan, segeralah untuk berwudhu. Apabila sedang melakukan aktivitas sepenting apapun, berhentilah sejenak. Ini mungkin susah dilakukan, tapi menunda shalat akan menimbulkan rasa malas nantinya. Jangan tunda, segera laksanakan shalat.

5. Komitmen

Komitmen terhadap diri sendiri. Shalat itu kewajiban, dan kewajiban itu harus dilaksanakan. Lakukan terus secara konsisten, sehingga shalat pun berubah fungsi menjadi kebutuhan.

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat” (QS. Al Mudatstsir: 42-43).

Imam Adz Dzahabi menjelaskan, .

“Mengakhirkan shalat dari waktu yang telah ditetapkan termasuk dosa besar. Apalagi meninggalkan shalat walaupun satu saja, maka statusnya seperti dosa besar
Meninggalkan setiap shalat termasuk dosa besar atau luput dari satu shalat saja termasuk dosa besar. Jika dilakukan berulang kali, maka termasuk pelaku dosa besar (ahlul kabair) kecuali jika ia bertaubat
Bila berlangsung terus menerus, maka yang meninggalkan shalat menjadi orang yang merugi, sengsara & orang yang mujrim.”

Rasa malas itu bisa datang kepada siapa saja. Tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Yang terpenting adalah niat, usaha & komitmen untuk melakukan shalat tepat waktu. Semangat!

Cerita ini bisa dibaca di : Tips Mudah Anti Malas Shalat 5 Waktu, Shalat Itu Bukan Kewajiban Tetapi Kebutuhan

YOUR REACTION?