Tips untuk menjadi Pengusaha

Disini saya akan membahas bagaimana caranya untuk menjadi pengusaha. Sebelum itu mari kita mengenal apa sih Pengusaha itu ? Jadi Pengusaha adalah orang yang bekerja atau melakukan kegiatan usaha di bidang jasa, manufaktur maupun perdagangan yang tujuannya memperoleh keuntungan. 

Sebelum menjadi Pengusaha/sebelum melakukan Pendirian Usaha yang harus dilakukan adalah :

1. Memikirkan usaha apa yang akan kota rintis 

Sebelum menjadi Pengusaha kita pasti bingung akan menjalani usaha apa. Saran saya sebaiknya kalian berusaha sesuai dengan hobi kalian dan sesuai dengan peluang usaha yang ada di sekeliling kalian. Misalnya jika kalian tinggal di sekitar perkantoran atau sekolah kalian bisa membuka usaha fotocopy ataupun membuka rumah makan kecil.

2. Membuat Perizina Usaha

Perizinan Usaha adalah hal yang penting bagi seorang Pengusaha, setidaknya seorang Pengusaha wajib memiliki SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) dan SITU ( Surat Izin Tempat Usaha ), kedua hal ini bisa membantu Pengusaha untuk mengembangka usahanya karena dengan surat tersebut Pengusaha bisa mengajukan KUR ( Kredit Usaha Rakyat ) kepada lembaga Perbankan. SIUP dan SITU juga bisa membuat pelangganmu percaya dengan usaha kamu, karena mereka tau dengan adanya SIUP dan SITU ini berarti usahamu sudah mendapat izin dan persetujuan dari Pemerintah.

3. Permodalan 

Banyak orang berpikiran bahwa dengan mempunyai modal yang kecil kamu tidak akan bisa menjadi Pengusaha yang sukses. Sebaiknya kalian jangan berpikiran seperti itu karena banyak Pengusaha sukses diluar sana yang memulai usahanya dari hal yang kecil dulu. Jika kamu sudah menjalankan usahamu dengan cukup baik kamu bisa mengajukan KUR kepada lembaga Perbankan yang ada di daerahmu untuk membantumu mengembangkan usahamu. 

4. Pemilihan Lokasi Usaha

Sebagai Pengusaha haruslah memilih lokasi usaha yang strategis, dalam artian kamu harus memilih lokasi yang dekat dengan pasar, dekat dengan sumber bahan baku, dekat dengan fasilitas transportasi, dan yang paling penting dekat dengan konsumen atau pelanggan.

5. Memilih Fasilitas dan Bahan Baku

Fasilitas dan bahan baku haruslah dipilih dengan cermat dan harus dirawat dengan tepat. Jika kamu mempunyai usaha rumah makan fasilitas yang digunakan haruslah bersih dan higenis, agar konsumen merasa enak 

Cerita ini bisa dibaca di : Tips untuk menjadi Pengusaha